Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional (JKSKN) memuat publikasi ilmiah hasil penelitian di bidang kajian Ketahanan Nasional yang belum pernah diterbitkan.  Jumlah halaman artikel  antara 10 – 20 halaman (atau 4.000 hingga 7.500 kata) sudah termasuk gambar dan tabel.

Isi Artikel merupakan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam ruang lingkup kajian Ketahanan Nasional.

Bentuk Artikel dituliskan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan memperhatikan berbagai kaidah ragam penulisan ilmiah yang baku. Artikel memiliki abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ukuran artikel A4 dengan dua kolom dan tanpa catatan kaki.

Judul, harus ringkas dan informatif, maksimum 14 kata. Setelah judul, cantumkan nama penulis, afiliasi penulis, alamat pos penulis utama, serta alamat e-mail penulis utama.

Abstrak, terdiri dari satu paragraf tidak lebih dari 200 kata berisi latar belakang singkat, tujuan penelitian, hasil  dan kesimpulan penelitian. Hindari menggunakan singkatan dan kutipan di dalam asbrak.

Kata kunci, maksimum lima kata kunci atau frasa, disusun berdasarkan abjad dan dipisahkan tanda titik koma (;). Gunakan istilah spesifik yang relevan terkait konsep penting dalam artikel. Jangan gunakan istilah umum atau frasa yang terlalu panjang.

Pendahuluan, berisi latar belakang atau alasan mengapa penelitian tersebut dilaksanakan. Jika penelitian tersebut merupakan pengulangan ataupun pemodifikasian, hendaklah dijelaskan argumentasinya dengan mengacu pada referensi yang menjadi landasan penelitian, serta kemukakan hasil akhir yang diharapkan. Bagian ini juga mencakup masalah faktual dan aktual, tujuan penelitian serta tantangan terkait permasalahan.

Tinjauan literatur atau konseptual, berisi ringkasan dan atau penjelasan tentang kondisi pengetahuan terkini tentang topik yang dibahas dalam buku-buku akademik dan artikel di berbagai jurnal nasional terakkreditasi dan atau jurnal internasional bereputasi. 

Metode Penelitian, memberikan informasi yang lengkap bagaimana penelitian dilakukan mulai dari waktu, lama, lokasi, penggunaan alat dan bahan. Cara kerja dan analisa data ditulis secara jelas dan ringkas. Bila penelitian menggunakan uji statistik cukup tuliskan metode.  

Hasil dan Pembahasan, dijelaskan secara ringkas mengenai apa saja yang diperoleh dari penelitian yang memuat validitas hasil penelitian, hubungannya dengan hasil penelitian yang pernah dipublikasikan yang mengarah pada pengambilan kesimpulan.

Kesimpulan, disajikan dengan singkat yang berdiri sendiri atau sebagai subbagian dari bagian Diskusi.

Daftar Pustaka, menggunakan APA Style. Standar APA dapat dilihat pada https://www.mendeley.com/guides/apa-citation-guide

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel harus hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun. 

  2. Artikel merupakan karya asli penulis dengan similiarity di bawah 25 persen (tidak termasuk daftar Pustaka).

  3. Para penulis maksimal lima orang; wajib mencantumkan nama lengkap tanpa gelar akademik disertai afiliasi insitusi, dan alamat e-mail untuk korespondensi.
  4. Naskah dituliskan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dengan panjang kurang lebih 4.000 sampai dengan 7.500 kata.
  5. Naskah dikirimkan melalui upload di Open Journal System.
  6. Tim editor memiliki hak mengedit sesuai dengan format template Journal tanpa mengurangi esensi dan pengertian setiap naskah.
  7. Setelah proses editing, naskah dikirim ke Mitra Bebestari untuk direview oleh dua orang. Naskah akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi sesuai dengan input dari reviewers.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.